Senin, 11 Maret 2019

Byakko

BYAKKO Sang Pelindung Barat


Byakko adalah Makhluk mitologi yang digambarkan berupa harimau putih yang dipercaya sebagai salah satu dari 4 dewa pelindung mata angin. Ada 5 Makhluk mitologi yang dipercaya sebagai pelindung arah mata angin. Byakko/ Barat, Seiryuu/ Timur, Genbu/ Utara, Suzaku/ Selatan, dan Koryu atau Huang long/ Pusat atau Titik tengah.


Byakko disebut juga White Tiger of the west. Di Korea Byakko disebut Baekho dan di China disebut Xi Fang Bai Hu, dan di Jepang dikenal sebagai Byakko.
Byakko mewakili arah barat, musim gugur, dan unsur besi. Byakko juga melambangkan para tentara yang berperang demi negaranya dan dia berpijak untuk musim semi. Planet yang berhubungan dengan Byakko adalah Venus.


Byakko menjadi hewan mitologi tidak terlepas dari legenda yang berkembang di masyarakat Cina, yaitu saat seekor harimau sudah berusia 500 tahun, ekornya akan berubah menjadi putih. Karena itulah harimau menjadi hewan mitologi yang mewakili salah satu dari 4 dewa pelindung mata angin.


Byakko dikatakan adalah musuh bebuyutan dari Seiryuu sang pelindung timur dan mereka tidak pernah akur satu sama lain. Byakko dikenal dengan kekuatannya dan keberaniannya. Konon, Byakko hanya akan muncul jika raja atau kaisar yang sedang memerintah sangat bijak atau adanya kedamaian di seluruh dunia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar