Jumat, 08 Maret 2019

Charon

CHARON

Dalam mitologi Yunani, Charon dikisahkan tinggal di Dunia Bawah (Underworld). Dia adalah putra Erebus dan Nyx. Charon bertugas sebagai pendayung perahu mengangkut roh-roh orang mati menyeberangi sungai Stynx sebagai simbol kebencian dan sungai Acheron sebagai simbol kesakitan. Kedua sungai ini adalah sungai yang membatasi dunia roh orang hidup dan dunia roh orang mati. Tidak jelas apakah Kharon adalah dewa minor, spirit, atau hanya seorang makhluk abadi.

Terdapat berbagai variasi penggambaran Charon. Pada satu kesempatan, dia digambarkan sebagai seorang pria tua dengan tubuh bengkok dan sikap tidak ramah, sementara dalam kesempatan lain, Charon berwujud setan bertanduk yang membawa palu besar, adapula yang menggambarkan sebagai pria berpenampilan kuno yang mengenakan cawat. Penggambaran Charon sebagai jerangkong dalam jubah merupakan inovasi modern.


Banyak kepercayaan memiliki figur seperti Charon, yang mewakili kematian dan Dunia Bawah, menyarankan bahwa terdapat kehidupan setelah kematian dan bahwa orang memerlukan persiapan yang tepat untuk menyongsong kematian.

Kharon mengharuskan penumpangnya untuk membayar satu koin (obolos) jika ingin naik perahunya. Karena itu, orang Yunani kuno biasanya menaruh satu koin di mulut jenazah sebelum membakar atau memakamkan jenazah. Roh yang tidak bisa membayar Kharon tidak dapat menyeberang dan harus menunggu selama ratusan tahun di pinggir sungai.


Kharon beberapa kali membiarkan manusia yang masih hidup untuk menaiki perahunya. Psikhe, Theseus, dan Peirithos membayar Kharon supaya bisa menyeberang. Herakles bisa menyeberang setelah mengancam Kharon. Sedangkan Orfeus dapat menaiki perahu Kharon berkat permainan musiknya yang hebat.

Orang yang masih hidup dan ingin mengunjungi Hades juga harus membayar kepada Charon. Mengingat fakta bahwa mereka membutuhkan perjalanan pergi-pulang, Charon akan meminta bayaran lebih tinggi. Sebagian mitos dan cerita menunjukkan bahwa pengunjung ke Hades harus membayar dengan emas untuk menyeberangi sungai pergi dan pulang. Beberapa penulis Yunani dan Romawi menulis tentang perjalanan ke Dunia Bawah yang biasanya didampingi dengan pemandu berpengalaman. Dikisahkan bahwa Charon mengutip biaya penyeberangan sebesar satu obulus atau satu koin perak yang senilai dengan enam drachma.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar