Kamis, 07 Maret 2019

Aspidochelone

ASPIDOCHELONE


Dalam mitologi Yunani Aspidochelone digambarkan seperti kura-kura rasaksa yang pada tempurungnya menyerupai sebuah pulau, hutan liar atau bebatuan. Menurut tradisi Physiologus, Aspidochelone adalah makhluk laut yang memiliki beberapa deskripsi yaitu berupa seekor paus atau kura-kura bahkan kepiting dengan ukuran sebesar pulau. Nama Aspidochelone berasal dari gabungan kata aspis (perisai) dan chelone (kura-kura). Biasanya makhluk ini bergerak dari satu lautan ke lautan lain hingga kerap disebut sebagai pulau bergerak. Keberadaan dari hewan ini bahkan masih dipercaya ada hingga sekarang. Dalam Physiologus (teks yunani kuno) dan tradisi, Aspidochelone melambangkan setan yang menyesatkan orang-orang yang ingin dia hancurkan.


Menurut legenda yang muncul di sebagian besar teks yang menyebutkan aspidochelone, pelaut mengira bahwa hewan mitos itu adalah sebuah pulau, kemudian mereka mendarat di sana dan membangun api untuk memasak makanan. Seiring waktu, makhluk tersebut menyelam ke kedalaman untuk mendinginkan diri, menyeret kapal ke bawah dan menenggelamkan pelaut”,  tulis sebuah artikel di Ancient Origins.

Dengan demikian orang mulai percaya bahwa Aspidochelone naik ke permukaan dari kedalaman laut, ia membujuk pelaut untuk mendarat di cangkangnya, sebagai perangkap, dan menenggelamkannya untuk melahapnya.


Sebuah kisah dari Physiologus mendeskripsikan sebagai berikut:

"Ada seekor monster di laut dimana bangsa Yunani menyebutnya Aspidochelone. Dia adalah paus raksasa dengan sebuah pulau di punggungnya (lengkap dengan pantai, tanaman, dan lain-lain). Makhluk ini menampakan punggungnya di atas ombak, sehingga siapapun akan melihatnya sebagai sebuah pulau. Menarik para pelaut untuk mendaratkan kapal di sana dan beristirahat. Mereka membuat kemah dan memasak makanan. Akan tetapi ketika monster tersebut merasakan panas oleh api yang dibuat pelaut, dia kembali menyelam ke dalam air serta menenggelamkan semua yang beristirahat di atasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar