Jumat, 14 Juni 2019

Seiryu

Seiryu


Seiryu merupakan salah satu dari Empat Simbol dari rasi Cina atau 1 dari 4 dewa pelindung mata angin, Seiryu sang penjaga timur, Byako Barat, Genbu Utara, Suzaku Selatan.
Seiryu atau Azure Dragon of the East, dikenal sebagai Qing Long di Tiongkok, Cheongryong di korea dan Seiryuu di jepang.


Seiryu digambarkan berbentuk naga biru yang di percaya menjaga wilayah bagian timur dari jepang. Seiryu mewakili arah timur dan musim semi, Seiryu memiliki element kayu & air. Kerena itulah Seiryu dikatakan dapat mengontrol hujan, mengisi sungai dan laut bahkan dapat membuat air bah/ banjir. Planet yang berhubungan dengan Seiryu adalah Jupiter. Seiryu melambangkan sifat kemewahan dan kewenangan, juga dapat diartikan dengan kekuatan tiada tanding atau kegarangan. Seiryuu diceritakan sebagai pemimpin dari binatang penjaga arah mata angin.


Di Kyoto terdapat kuil untuk masing-masing roh penjaga. Seiryu diwakili dalam Kuil Kiyomizu di timur kota Kyoto. Untuk menghormati Seiryu di Jepang tiap tahunnya kuil Kiyouzumi mengadakan suatu festival. Sebelum pintu masuk candi terdapat sebuah patung naga, konon di ceritakan bahwa Seiryu pernah minum dari air terjun di dalam kompleks candi kuil Kiyouzumi ini di malam hari. Oleh karena itu setiap tahun diadakan upacara untuk menyembah naga dari timur.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar